Sejarah Linux: Penemuan dan Mengapa Linux telah Diadopsi Secara Luas

Sejarah Linux: Penemuan dan Mengapa Linux telah Diadopsi Secara Luas

A. Sejarah  Linux dan Penemuannya

Linus Trovalds
Linus Trovalds

Sejarah Linux dimulai pada akhir tahun 1991 ketika Linus Torvalds merilis kernel Linux sebagai perangkat lunak bebas dan open source. Sejak itu, sementara ribuan pengembang telah memberikan kontribusi perbaikan yang signifikan terhadap sistem operasi, Torvalds, sebagian disponsori oleh Yayasan Linux, masih bertindak sebagai koordinator proyek. Mengingat ukuran dan kompleksitas proyek, dan kekuatan, dan kepribadian independen dari banyak kontributor yang kreatif, faktanya mereka telah berhasil tidak hanya untuk menahan besarnya, pendistribusian proyek secara besar-besaran dan bersama-sama, tetapi untuk mewujudkan itu menjadi sebuah proses yang sangat produktif adalah luar biasa.

Linux project Responsible
Linux project Responsible
Linux Interaction
Linux Interaction

B. Linux telah Diadopsi secara Luas

Walaupun kita menganggapnya hanya sebagai sebuah proyek komunitas mandiri namun ini merupakan katalis terhadap ekonomi skala besar dunia. Kita mungkin tidak akan menemukan dalam sejarah, proyek yang sebanding dengan proyek tersebut. Perkataan bahwa Linux telah banyak diadopsi, mengecilkan masalah ini. Sementara itu, mungkin Linux digunakan kurang dari 2% dari komputer desktop, namun Linux benar-benar mendominasi semua pasar komputasi lainnya termasuk server, mainframe, superkomputer, embedded system, konsol game, router jaringan, dan melalui smartphone Android. Bahkan, ketika datang ke dunia digital yang terhubung, yang anak-anak panggil “Internet,” sebagian besar dijalankan pada server Linux. Anda mungkin akan terkejut dengan jenis perusahaan yang telah mengadopsi Linux, baik untuk infrastruktur internal dan publik menghadap mereka. US Federal Aviation Authority, misalnya, mengklaim telah menyelamatkan anggaran sebesar $ 15.000.000 melalui transisi mereka ke Linux.

Linux Foundation Facts
Linux Foundation Facts

Pemerintah seperti Mexico City dan Munich, meskipun sedang mengalami beberapa masalah yang dilaporkan secara luas, telah berhasil melakukan pergantian sistem ke Linux. Demikian pula Angkatan Laut AS dengan armada kapal selam nuklir dan bagian militer lainnya. Sebagian besar perusahaan teknologi terkenal di dunia telah memilih Linux untuk kebutuhan komputasi mereka termasuk Facebook, Twitter, dan Amazon. Dalam kasus Amazon, tidak hanya perusahaan menggunakan Linux untuk digunakan sendiri, tetapi sebagian besar virtual machine yang diluncurkan oleh pelanggan AWS Amazon menggunakan Linux juga. Google, selain sangat mendorong karyawannya untuk menggunakan Linux pada desktop, Google juga membangun infrastruktur besar dan kokoh pada sistem Operasi yang gratis. Setahun yang lalu, secara luas dilaporkan bahwa Google meluncurkan lebih dari dua miliar mesin virtual yang berjalan di Linux setiap minggunya. Hal Ini, menggambarkan bagaimana mudah Linux dapat ditingkatkan atau dirubah untuk secara efisien memenuhi tuntutan hampir setiap proyek. skalabilitas ini bukan hanya alasan utama Linux adalah sebuah pasangan yang tepat untuk paradigma cloud-computing, tapi mungkin alasan utama komputasi awan muncul. Dengan segala sesuatu dari lampu lalu lintas dan kontrol lalu lintas udara, untuk perdagangan Internet semua tergantung pada sistem Linux, jelas ada permintaan besar dan berkembang bagi orang-orang dengan keterampilan Linux – permintaan yang tidak akan berkurang dalam waktu dekat.

Linux Advantages
Linux Advantages

Pengguna dan pengguna berdiri di belakang proyek Linux secara pengalaman telah memberikan kontribusi untuk platform jauh lebih aman dan handal. Berdasarkan pengalaman permintaan dukungan online untuk bantuan menggunakan LibreOffice open-source dan produk OpenOffice suite umumnya akan menerima balasan dalam waktu lima jam. Sedangkan, Microsoft menjanjikan waktu respon dari satu jam untuk gangguan kritis, dan hari kerja berikutnya untuk pelayanan pelanggan masalah mayor-kebutuhan Office 365 bagi Server Small Bussiness Premium mereka. Yang menjadi perbedaan, tentu saja layanan Microsoft membutuhkan biaya $ 13,25 per bulan per pengguna sementara LibreOffice berkualitas tinggi dengan dukungan OpenOffice masih benar-benar gratis.

Libre Office vs Office 365
Libre Office vs Office 365

C. Linux dan Penggunaannya

Linux Distro and Purpose
Linux Distro and Purpose

Mungkin sebagian besar dari semua, Linux adalah serbaguna. Selamat datang di dunia dari distro khusus. Selain distribusi utama terkenal seperti Ubuntu, Debian dan Red Hat, ada versi dengan tujuan tertentu-dibangun untuk setiap tujuan yang sesuai yang dibayangkan. Mencari untuk membangun alat firewall yang murah? Coba IPCop. Ingin router disesuaikan? OpenWRT adalah jawabannya. Apakah perlu mengamankan forensik digital? Coba Kali Linux. server hiburan digital? Mythbuntu. produksi musik stasiun kerja? Ubuntu Studio. Sementara Red Hat Enterprise Linux adalah distribusi komersial didukung bertujuan enterprise high-end, Anda mungkin lebih suka software inti yang sama tetapi tanpa biaya dukungan komersial. Fedora atau CentOS mungkin memenuhi kebutuhan itu. Tidak menyukai System-D Resource Management Suite yang baru? Jangan ragu untuk menggunakan salah satu dari banyak distro masih berjalan di dalamnya sebagai gantinya. Apakah memerlukan OS yang akan memberikan persaingan serius dalam pilihan di pasar smartphone? sistem operasi mobile Google Android dibangun tepat di atas kernel Linux.

Linux Mint and XFCE
Linux Mint and XFCE

Bahkan cara berinteraksi dengan sumber daya perangkat lunak, dapat sangat personal dengan memilihnya dari berbagai antarmuka desktop. Tidak semua contoh populer ini tersedia dalam satu distribusi, tetapi dibutuhkan proses kombinasi dari estetika, kenyamanan, dan model alur kerja yang sesuai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *